Sabtu, 07 November 2015

Duta Peduli Autis di Sekolah SMP CENGKARENG I (5 Nov 2015)

Duta Peduli Autis di Sekolah
SMP CENGKARENG I Jl. Bambu Larangan Raya No. 67, Cengkareng
dalam Penerapan Mata Kuliah Character Building bersama Teach For Indonesia

                   



Kelas               : LK01
Dosen              : Agus Masrukhin
Kode Dosen    : D3739
Tanggal           : Kamis,5 November 2015
Waktu              : Pkl. 10.10 -10.50 WIB

Tim yang hadir        :
Nama dan NIM Ketua Kelompok : Rudy Putra - 1801413331
Nama dan NIM Tim yang hadir :
- Andrean Wijaya         - 1801416756
- Dewi Nursalim          - 1801431561
- Edward                    - 1801432904
- Kevin Hanggara        - 1801391671
- Kheffri Teo Rando    - 1801415255

Dari kiri ke kana : Kevin,Rudy,Dewi,Andrean,Edward,Kheffri

Puji Syukur kami ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena kami dapat melaksanakan kegiatan sosialisasi Duta Peduli Autis di Sekolah SMP Cengkareng I pada tanggal 5 November 2015,
Manusia berbeda namun sekaligus mirip, kesamaan itu terletak bahwa kita adalah makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa, sedangkan berbeda karena setiap manusia itu unuk dan berbeda satu sama lain baik dalam karakteristik manusia. Semua agama merupakan makhluk yang bernilai luhur dan mulia.
Tuhan hadir di dalam diri kita masing-masing untuk memberikan inspirasi untuk berbuat baik dan saling mengasihi sesama yang lain.

Persiapan kami adalah kami berdiskusi bagaimana membawakan topik pada hari ini, dan berkoordinasi dengan pihak sekolah untuk mendapatkan izin ke kelas untuk melakukan sosialisasi. Kami hari ini hadir ke kelas VIII untuk melakukan sosialisasi, Beberapa dari adik-adik kelas VIII sepertinya sudah mengenal kami karena kami melewati kelas ini minggu lalu. Kami kemudian menyampaikan maksud dan tujuan kami untuk melakukan kegiatan sosialisasi. Adik-adik menyimak cerita yang disampaikan Edward mengenai keluarga yang salah satu anggotanya menderita autis. Beberapa adik-adik menyimak dengan baik seperti dalam video berikut ini : 


Materi yang kami sampaikan ialah bagaimana ciri-ciri penyandang autis dan cara menyikapi jika bertemu dengan penyandang autis. Setelah materi disampaikan, kami membuka sesi tanya jawab, beberapa anak ada yang masih bingung untuk menyikapi hal-hal yang 'baru' untuk mereka, kami mengarahkan mereka bagaimana mereka seharusnya menyikapi para penyandang autis sebagai sesama manusia bukan sebagai bahan olok-olokan atau ejekan.

Survey Internal : Menurut kami, Edward dan Dewi patut dicontoh dalam sesi kali ini, mereka membawakan materi tetapi tidak terpaku pada textbook dan dinamis. Materi yang disampaikan pun merasa tercapai dan dipahami oleh adik-adik sekalian. Kami juga menjaga perilaku dan tetap sopan dan santun serta ramah meskipun adik-adik ini lebih muda umurnya daripada kami. Waktu yang diberikan pun cukup untuk penyampaian materi dan sesi tanya jawab.

Lembar Form Evaluasi

Lembar Form Evaluasi


Hasil Kegiatan ini adalah adik-adik kelas VIII yang tadinya tidak tahu harus bersikap bagaimana untuk menyikapi para penyandang autis, sekarang mereka mengenal dan mengetahui bagaimana sikap yang harus diambil dan adik-adik juga makin mengetahui penyebab autis yang sebenarnya (bukan dari mitos)
Kesimpulan dari kegiatan ini adalah memandang manusia bukan dengan sebelah mata, manusia diciptakan dengan kekurangan dan kelebihannya masing-masing, dan kita sebagai manusia pun lebih melihat kekurangan itu sebagai hal yang harus dijauhi, padahal kalau kita dapat mengatasi kekurangan kita, hal itu dapat menjadi poin plus dalam menjalani kehidupan, sama seperti teman-teman penyadang autis, kita bukan fokus melihat pada sikap stimming nya tetapi bagaimana kita menjadikan ia sebagai saudara dan memanusiakan dia seperti yang lain.

Next to do:
1. Masih terjebak macet sehingga datang ke sekolah agak terlambat, datang lebih awal.
2. Pembagian tugas yang kurang optimal,sehingga mesti dilakukan briefing anggota.
3. Persiapan yang dilakukan terlihat serba mendadak, diharapkan tim dapat mempersiapkan lebih baik lagi.

Jumlah peserta yang berpartisipasi adalah 35 orang.





















Tidak ada komentar:

Posting Komentar